Tuesday, 8 December 2015

Review Michelin Pilot Street pada Satria FU 150 !!

Ahoiii teman-teman sekalian yang budiman,
10 bulan sudah gw ga mengisi blog ini. Huhuhu… Blog yang terlupakan, tapi gpp lah, namanya juga tulisan iseng-iseng. Sesuai dengan judul, kali ini gw akan membahas review gw tentang bank Michelin Pilot Street… Cihuyyyyyy….. Akhirnya pake ban ini juga, karena dulu si Beler (nama FU gw yang ilang) ga sempet ganti ban ini dan akhirnya si Satiem (nama FU baru gw sekarang yang artinya SAtria ItEM) yang nyobain ini ban.


Sebenernya klo diliat secara kasat mata dari bentuk permukaan bannya, kayanya sih biasa aja, malahan lebih keren ban Satria FU awal dari pabrikan, IRC klo g salah merknya. Alurnya sederhana, dan ga keliatan kaya ban bagus aja. Awalnya sebelum memutuskan menggunakan Michelin, gw sempet mencari-cari ban apakah yang sekiranya keren klo nempel di Satiem ? Hmmm…coba cek Bridgestone Battlax ehh ukuran standard buat ban depan ga ada. Entah gw yang nyarinya ga bener atau memang saat itu ga ada (waktu itu nyari sebelum bulan puasa), akhirnya pindah website ke Michelin. Hasilnya hmmmm….. ada Pilot Street yang cocok buat si Satiem.

Setelah itu, meluncur lah gw ke Planet Ban di Cilangkap dan sempet tanya-tanya dulu sebelumnya soal Battlax yang ukurannya tidak ada yang cocok ketika gw cari di website, dan ternyata menurut “abang-abang Planet Ban” juga tidak ada. Yasudahlah,, jodoh mungkin ama si Michelin, dan sayang sekali struknya sudah entah kemana tapi tenang… gw masih inget harganya berapa, walaupun detailnya lupa. Hahahahaha…

Ketika itu, gw ganti ban Michelin Pilot Street 70/90 dan 80/90 (klo salah ukuran sorry ya, pokoknya waktu itu gw samain dengan ukuran standardnya) ditambah 2 pentil Planet Ban dan cairan ban, jadi klo bocor tinggal cabut pakunya, lobangnya diputer kebagian bawah, dan sulapppp…. Ban jadi ketambel dengan sendirinya… Hehehe… Total harganya Rp 686,000, harga yang lumayan buat 2 biji ban motor. Hahahaha, klo jadiin mie ayam dapet berapa tuh ya ?
Jeng jeng jeng,,,si Michelin Pilot Street

Sedikit berbeda dengan ban yang lainnya, ban Michelin ini untuk ban depan dan ban belakangnya memiliki pola rotation yang saling berlawanan, dan ketika gw bertanya, jawaban abang abang Planet Ban-nya sangat mencengangkan (anjayyy) “Emang begitu mas masangnya…”, hahahaha… Karena ke-oon-an yang gw miliki, gw iyain aja pemasangannya, toh si abang abang ini lebih tau dan pengalaman. Walaupun setelah sampe rumah, ttp gw search di google sih, bener apa nggak cara pemasangannya, eh ternyata bener… Hahahaha… Dalam hati “Dasar orang yang ga mau terima perkataan orang begitu aja ! Cuma ban aja pake di search bener apa kagak !”

Satiem diantara CBR (thug life), itu helm biru siapa ya?

Waktu pun berlalu, ehm ehm…. si ban Michelin ini menunjukkan performanya, ketika ngerem mendadak, rem belakang pun terkunci karena double disk, ban gw ga ngesot kekiri kekanan gitu aja, melainkan ttp lurus, weeeewwww…  Mantep juga ini ban… gw jg menyadari hal yang aneh di ban ini, ketika hujan, ban Satiem dibagian tengahnya “kering” loh (sayangnya gw g photo bannya karena ujan yang cukup deres), sedangkan gw liat ban motor sebelah Satiem malah pada basah. Entah si Michelin ini takut aer atau emang anti aer atau mungkin juga teknologinya yang bikin ban ini tetep kering sehingga tetep lengket diaspal, yang pasti entah lah…. Mungkin cuma Tuhan dan Michelin yang tau akan hal ini. Hahahaha….

Baru-baru ini pun si Satiem kena SANTET, tiba-tiba ada paku nempel di ban belakang. Weeewww… darimanakah asalnya paku tersebut ? hayooo darimana ? Hahahaha…. Tanpa pikir panjang karena pikiran gw emang ga panjang, gw cabut aja itu paku… dan cessssssssss…angin keluar, pengen gw tutup pake tangan, ga mungkin… gw tutup pake plastic, jg ga mungkin, gw tutup pake ludah, apalagi, ketauan oon-nya donk gw ? Hahahahaha… akhirnya gw puter aja bocornya dibawah, dan dengan magic, suara cesssss itu menghilang…Hahahaha... cairannya berfungsi dengan baik, sayangnya gw lupa merk cairannya apaan.
Paku SANTET !! Satiem yang malang...

Tapi, sampe sekarang bannya masih enak dipake, gw jadi makin sayang ama Satiem, ga terasa juga doi udah berlari sebanyak 26,000km lebih. Huhuhuhu,, terima kasih Satiem. Kekurangannya cuma harganya yang mahal, soal awet belum ketauan awet apa kagaknya, namanya juga baru beberapa bulan, klo ban standarnya bertahannya kurang lebih 1tahun 3bulan, mungkin si Michelin bisa lebih baik karena HARGAnya yang lebih mahal (ketauan banget duitnya dikit karena ngmng mahal muluan,hahaha) dan juga nama yang sudah dikenal sebagai ban yang bagus.


Oh iya, Gearset Satiem juga udah diganti dengan merk “Daytona”, mungkin di next chapter, gw bahas reviewnya gimana. Inget, ini review dari orang awam yang ga ahli dibidang per-ban-an dan juga per-motor-an…Hahahahaha…

Thanks buat yang udah baca, sekian review dari gw, silahkan jika ada kritik ataupun saran.

See you guys !!